cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh
Published by Universitas Terbuka
ISSN : 1411304X     EISSN : 24422266     DOI : -
Core Subject : Education,
Merupakan media informasi dan komunikasi para praktisi, peneliti, dan akademisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Terbuka.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 13 No 1 (2012)" : 6 Documents clear
STUDENTS PERCEPTION ON QUALITY ASSURANCE SYSTEM OF DISTANCE EDUCATION AT UNIVERSITAS TERBUKA Nugraheni, Endang; Zuhairi, Aminudin; Sajati, Ida Malati; PKH, Sri Yuniati; Isman, Suci Madiarti
Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh Vol 13 No 1 (2012)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This paper addresses the Universitas Terbuka (UT) students perception on quality assurance (QA) system of distance education, using an online survey method involving 306 students. The UT students perception on QA system is analyzed in terms of profile of respondents, perception on important values of QA, students satisfaction on the quality of the distance education programs and courses. The profile of the respondents shows that most of them are within the age of 25 to 30 years old. They study at UT mostly by means of reading printed materials and interactive online studies at home and at no particular place in the evenings. Students difficulties in distance related to conflicts with work responsibilities, lack of time and self motivation. Students said that they needed both academic and social psychological support. Students perception on important values in QA was expressed in terms of the availability and clear guidelines for QA system in the institution. In terms of institutional credibility, students stated that external accreditation and qualified staff are key factors to institutional quality. In terms of learning process, students valued highly the importance of well structured courses and interactivity in the learning process. Students also stated that media technology supports, faculty support, and fair assessment are important in the quality of teaching learning at a distance. In terms of learning experience, they perceived that protection of student rights, course content, and technology infrastructure were well facilitated by the institution. Makalah ini membahas persepsi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) terhadap sistem penjaminan mutu (QA) pendidikan jarak jauh, dengan menggunakan metode survei online yang melibatkan 306 siswa. Persepsi mahasiswa dianalisis berdasarkan profil responden, persepsi pada nilai-nilai penting dari QA, kepuasan pada kualitas program pendidikan jarak jauh. Profil responden menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka berusia 25 sampai 30 tahun. Mereka belajar di UT sebagian besar dengan cara membaca materi cetak dan interaksi online di rumah dan di tempat lainnya pada malam hari. Permasalahan yang dihadapi mahasiswa terkait pada konflik dengan tanggung jawab pekerjaan, kurangnya waktu dan motivasi diri. Mereka membutuhkan dukungan secara psikologi, akademik, dan sosial. Persepsi mahasiswa pada nilai-nilai penting dalam QA diekspresikan dalam hal ketersediaan pedoman yang jelas untuk sistem QA yang berlaku. Dalam hal kredibilitas kelembagaan, mahasiswa menyatakan bahwa akreditasi eksternal dan staf yang berkualitas merupakan faktor kunci untuk kualitas kelembagaan. Dalam hal proses pembelajaran, mahasiswa menilai sangat pentingnya program terstruktur dan interaktifitas dalam proses belajar. Mahasiswa juga menyatakan bahwa dukungan media teknologi, fakultas, dan penilaian yang adil adalah penting dalam kualitas belajar mengajar secara jarak jauh. Dalam hal pengalaman belajar, mereka memandang bahwa perlindungan hak-hak siswa, materi matakuliah, dan infrastruktur teknologi telah difasilitasi dengan baik oleh lembaga.
IMPLEMENTING PRACTICAL SKILLS IN A DISTANCE LEARNING OF AGRIBUSINESS STUDY PROGRAM AT UNIVERSITAS TERBUKA Rospina, Pepi; Sadjati, Ida Malati
Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh Vol 13 No 1 (2012)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program Studi Agribisnis di Universitas Terbuka, dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang penyuluhan dan komunikasi agribisnis. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah menyusun sebuah kurikulum yang mendorong terbentuknya hard skill dan soft skill lulusan yang relevan dengan tuntutan kompetensi program studi. Hard skill yang akan dimiliki lulusan merupakan aplikasi materi, metode serta evaluasi penyuluhan berbasis agribisnis yang nantinya akan diterapkan di lapangan, yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan sasarannya. Sementara softskill yang perlu dikuasai lulusan meliputi kemampuan-kamampuan berkomunikasi, bekerjasama dalam tim, kepemimpinan, dan kemampuan pemecahan masalah. Program Studi Agribisnis mengakomodasi pencapaian kompetensi tersebut dengan memasukkan beberapa mata kuliah berpraktikum di dalam kurikulumnya. Hal-hal yang dikaji dalam tulisan ini meliputi perbandingan pengelolaan penyelenggaraan praktikum antara program Penyuluhan Pertanian dan Agribisnis, termasuk kekuatan dan kelemahan masing-masing, berbagai kendala yang terjadi, serta peluang-peluang yang dapat diambil untuk memperbaiki penyelenggaraan praktikum. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengelolaan penyelenggaraan praktikum PS Agribisnis pada prinsipnya masih mengadopsi dari pengelolaan penyelenggaraan praktikum yang digunakan Program Studi D3 Penyuluhan Pertanian, dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada. Satu hal yang perlu diupayakan ke depannya adalah terbentuknya panduan praktikum yang jelas, serta pembinaan kerja sama dengan instansi lain guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan praktikum. The Agribusiness Study Program at Universitas Terbuka, the Indonesian Open University, was created with the goal of producing graduates who are competent in the field of extension and communication of agribusiness. One way to achieve this goal is to create a curriculum that develops competencies in both hard and soft skills that are relevant to the professional demands of graduates. Hard skills to be acquired include the application of methods and skills of agricultural extension that will be applied in the field. Soft skills include competencies such as the ability to communicate, work in teams, leadership, and problem-solving. The Agribusiness Study program allows graduates to acquire key competencies by incorporating some practical courses in its curriculum. This presentation will describe the comparison of practical implementation of the Management between an Agricultural Extension Study Program and the Agribusiness Study Program. The topics discussed in this presentation will address the implementation of practical management skills in the Agricultural Extension and Agribusiness Study Programs, including strengths and weaknesses, various obstacles, and how the obstacles were overcome. The result of study shows that the managing of the practical implementation of PS Agribusiness basicly can be done independently as long as the equipments can be provided as the need in field.
AKTIVITAS MAHASISWA DALAM TUTORIAL ONLINE MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR Pandiangan, Paken; Malau, Albert Gamot; Widokarti, Joko Rizkie; Gulo, Eliaki
Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh Vol 13 No 1 (2012)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Online tutorials as a form of student services is expected to contribute to the success of student learning. This article is written based on the research on the online tutorial activities of Strategic Management Courses (EKMA4414) and student learning outcomes in the registration period of 2009.1 at UPBJJ-UT Batam. Data were collected using purposive sampling of 167 students registered in online tutorial. Results were analyzed descriptively. The results showed that the initiation of online tutorials materials of strategic management course were generally in line with course objectives. However, the presentation is said to be less systematically delivered by most students. This causes some students to not actively engaged in the tutorial and do the exercises and tasks. However, for students who are actively following tutorial by participating in discussion and exercises, their activities contribute to the final grade. Tutorial online sebagai salah satu bentuk layanan mahasiswa diharapkan memberiukan kontribusi terhadap keberhasilan belajar mahasiswa yang ditunjukkan oleh nilai akhir. Artikel ini disusun berdasarkan hasil penelitian tentang kegiatan tuton mata kuliah Manajemen Strategi (EKMA4414) dan hasil belajar mahasiswa masa registrasi 2009.1 di UPBJJ-UT Batam. Data dikumpulkan secara purposive dan analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah sekelompok mahasiswa berjumlah 167 orang yang melakukan registrasi tutorial online. Hasil menunjukkan bahwa materi inisiasi tutorial online Manajemen Strategi pada umumnya dinyatakan sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun demikian sistematika penyajiannya masih dikatakan kurang baik oleh sebagian mahasiswa. Hal ini menyebabkan tidak semua mahasiswa aktif mengikuti tuton dan mengerjakan tugas-tugasnya. Namun demikian bagi mahasiswa yang aktif mengikuti tuton, berdiskusi dan mengerjakan tugas, terlihat bahwa keaktifan mereka berkontribusi dalam memperoleh nilai akhir mata kuliah yang cukup baik
ALASAN MASUK DAN ALASAN MEMILIH PROGRAM STUDI ANTARA ALUMNI DI UNIVERSITAS TERBUKA Listyarini, Sri; Ratnawati, Tina; Prayekti, Prayekti; Milwan, Milwan
Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh Vol 13 No 1 (2012)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Universitas Terbuka (UT) as an open and distance higher education institution needs to have data on the student reasons why they enrolling at UT and why they choose their study programs. The data can be obtained from alumni who recently graduated, for that UT has developed an exit survey applications. There are two programs that are managed by UT, the Regular Program or Non-Pendas and Basic Education Program (Pendas). In this study respondents of the exit survey consist of 3,190 Regular Program alumni and 34,856 Program Pendas alumni, which is a graduate of UT during 2009.2 to 2010.2 semesters. The results of exit survey data processing shows that there are some differences regarding the reasons for the UT enrollment and reasons for choosing study program, among the Regular and Pendas Program alumni. The main reason for the Regular and Pendas Program alumni enrolled at UT is "Knowledge Improvement". While the main reason for choosing study program for the Regular Programme alumni is "Supporting the Job", while alumni from Pendas Program is "Knowledge Improvement". In the future the data obtained from exit survey can be used for dissemination and promotion, increasing the number of students, as well as reducing the number of non-active students. Universitas Terbuka (UT) sebagai institusi pendidikan tinggi terbuka jarak jauh perlu memiliki data mengenai apa alasan mahasiswa masuk UT dan apa alasan mereka memilih program studi. Data tersebut dapat diperoleh dari alumni yang baru saja lulus, untuk itu UT telah mengembangkan aplikasi exit survey. Ada dua program yang dikelola oleh UT, yaitu Program Reguler atau Non-Pendas dan Program Pendidikan Dasar (Pendas). Dalam penelitian ini responden exit survey dari Program Reguler sebanyak 3.190 dan Program Pendas berjumlah 34.856, yang merupakan lulusan UT pada masa yudisium 2009.2 sampai dengan 2010.2. Hasil pengolahan data exit survey memperlihatkan bahwa terdapat beberapa perbedaan mengenai alasan masuk UT dan alasan memilih program studi, antara alumni Program Reguler dan Pendas. Alasan utama masuk UT bagi alumni Program Reguler maupun Pendas adalah Menambah Pengetahuan. Sedangkan alasan utama memilih program studi bagi alumni Program Reguler adalah Menunjang Pekerjaan, sementara alumni Program Pendas adalah Menambah Pengetahuan. Di masa yang akan datang data yang diperoleh dari exit survey dapat digunakan untuk sosialisasi dan promosi, meningkatkan jumlah mahasiswa, serta menurunkan jumlah mahasiswa non-aktif.
KARAKTER DAN PENGEMBANGANNYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH Farisi, Mohammad Imam
Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh Vol 13 No 1 (2012)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study of the character and its development at distance education system is a new intensive effort since the 2000s period. Nevertheless, various studies show a clear trend to the development of four characters that were performance, relational, moral, and spiritual. The four character developments have reflected and integrated in the various contexts of using and designing of DE technologies, and it also became a main characteristic in the study and development of character at DE. This paper reviews the various studies about the characters and its developments in the DE context, and some of the efforts made by DE providers. Studi tentang karakter dan pengembangannya dalam sistem pendidikan jarak jauh (SPJJ) masih merupakan ikhtiar yang baru intensif dilakukan sejak periode 2000an. Sekalipun demikian, berbagai studi memperlihatkan kecenderungan yang jelas pada 4 pengembangan karakter, yaitu karakter kinerja, relasional, moral, dan spiritual. Pengembangan keempat karakter tersebut direfleksikan dan terintegrasi di dalam berbagai konteks penggunaan desain dan medium teknologi PJJ, dan sekaligus menjadi karakteristik atau ciri khas dalam studi dan pengembangan karakter pada SPJJ. Tulisan ini akan meninjau berbagai studi tentang karakter dan pengembangannya dalam konteks SPJJ; dan beberapa ikhtiar yang telah dilakukan oleh institusi PJJ dalam pengembangan karakter.
PENGETAHUAN MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA BANDA ACEH TENTANG SISTEM BELAJAR JARAK JAUH Malta, Malta
Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh Vol 13 No 1 (2012)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Students knowledge on system for open and distance learning (ODL) is important since the information will be useful in improving students services. This article discusses students understanding on ODL system and factors that affect it. The sample were 380 students from UPBJJ-UT Banda Aceh. Data collection was carried out from May to October 2011. Correlation test of Rank Spearman was used to analyze the data. The results showed that (1) students knowledge on distance learning system was low (2) factors which influence students knowledge on ODL system were the ability in using internet, study group and information access. Pengetahuan mahasiswa UT tentang sistem belajar jarak jauh adalah hal yang menarik untuk diteliti mengingat informasi dasar tersebut dapat digunakan dalam menentukan strategi pelayanan yang paling efektif. Artikel ini membahas pemahaman mahasiswa UT Banda Aceh tentang sistem belajar jarak jauh (SBJJ). Selain itu juga dipaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap SBJJ. Sampel adalah 380 orang mahasiswa UPBJJ-UT Banda Aceh. Data dikumpulkan dari bulan Mei hingga Oktober 2011. Untuk menganalisa data digunakan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa UPBJJ-UT Banda Aceh tentang sistem SBJJ sangat rendah. Selain itu, kemampuan menggunakan internet, kelompok belajar, dan akses terhadap informasi berpengaruh terhadap pemahaman mahasiswa pada sistem SBJJ.

Page 1 of 1 | Total Record : 6